31 Januari 2008

PRESS RELEASE

Soeharto Wafat ; Kuburkan Soehartoisme
Sehubungan dengan perkembangan situasi nasional akibat peristiwa meninggalnya Soeharto, kami dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO), menilai telah terjadi beberapa masalah yang serius :
Peristiwa meninggalnya Soeharto telah berubah menjadi kampanye pembalikan opini terhadap image rezim Orde Baru yang busuk.
Momen meninggalnya Soeharto telah dengan cerdik dimanfaatkan oleh pengikut-pengikut Soeharto untuk membangkitkan Soehartoisme. Soehartoisme kami pandang merupakan paham tata pemerintahan yang mengandalkan otoritarianisme, militerisme, dan KKN yang telah terbukti membangkrutkan bangsa dan negara.
Kebijakan pemerintah SBY-JK yang memberikan penghormatan yang berlebih-lebihan terhadap Soeharto berupa hari berkabung nasional selama 7 hari membuktikan bahwa rezim SBY-JK sama sekali tidak mengindahkan spirit reformasi yang diperjuangkan dengan nyawa dan darah mahasiswa. Sebaliknya, kebijakan ini justru membuktikan bahwa rezim SBY-JK adalah bagian yang melekat dengan spirit Orde Baru.
Kematian Soeharto tanpa putusan hukum yang tetap telah membuyarkan harapan tentang tegaknya kepastian hukum di negara ini. Dan oleh karena itu, menyangkut perdata Soeharto, kami meminta supaya seluruh kekayaan yayasan-yayasan yang dikelola oleh Soeharto dan kroninya segera diserahkan kepada negara.
Usulan Partai Golkar untuk menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional adalah suatu hal yang absurd, tidak beralasan, lagi mengabaikan perasaan para korban kejahatan politik dan HAM yang dilakukan oleh Soeharto selama 32 tahun kekuasaannya. Dalam konteks ini, kematian Soeharto dalam kondisi tengah diproses secara hukum atas kasus korupsi dana Yayasan Supersemar telah menggugurkan prasyarat untuk menjadi pahlawan. Amat mustahil seseorang dalam posisi demikian untuk di sebut sebagai pahlawan bangsa. Belum lagi, mengingat sejumlah kasus kejahatan HAM, pemberangusan kebebasan (pers, berpendapat dan berorganisasi) dan perampasan hak-hak ekosob sebagian warga negara yang memang secara faktual terjadi di masa kepemimpinannya.
Kepada seluruh komponen bangsa, kami serukan bahwa membangkitkan Soehartoisme merupakan tindakan yang sesat dan berbahaya, sebaliknya kami serukan supaya mari menyongsong masa depan dengan mengubur Soehartoisme. Masa depan ada di tangan rakyat, bukan di tangan elit-elit pengikut Soeharto.
Demikian penyampaian ini kami buat, mudah-mudahan dapat menjadi panduan bagi kita semua untuk menata masa depan Indonesia yang adil dan bermartabat.

Billahittaufiq wal hidayah.
Wassalamu 'alaikum Wr.Wb.

Jakarta, 20 Muharram 1429 H
29 Januari 2008 M

HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
PENGURUS BESAR

SYAHRUL EFENDI DASOPANG
KETUA UMUM
ITHO MURTADHA
SEKRETARIS JENDERAL

0 komentar:

Designed by - alexis 2008 | ICM